Header Ads

postimage
Breaking News
recent

Pentingnya Membuat Sebuah Game Balance, Berikut Ulansannya!


Game Balance adalah sebuah konsep tentang mengatur kekuatan berbagi aspek dalam sebuah game.Aspek ini bisanya sederhana ataupu rumit, tergantung dari genre dan jenis game yang dibahas. Misal dalam game tetris, balance mungkin hanya distribusiakan balok dan peningkatan kecepatan tiap levelnya. Tapi untuk FPS, banyakhal yang perlu diperhatikan, mulai dari kekuatan dari senjata, akurasi ,item, dan lain-lain.

Secara Pengertian, game balance mungkin agak sulit dijelaskan. Tapi pada dasarnya sebuah game disebut balance atau seimbang jika menawarkan pilihan kekuatan yang sama setara dan berlogika. Katakanlah sebuah game RPG fighting mempunyai 50 karakter harus sama kuat tetapi memiliki kelebihan sendiri-sendiri, misalkan lagi katakanlah game Strategi, pemain harus bisa menang dengan berbagai macam strategi. Intinya, pemain tidak boleh merasa terbebani atau dirugikan akibat mengambil suatu pilihan yang disediakan oleh game itu sendiri.

Memberikan pengalaman yang variatif dan lebih menarik



Game adalah kamu punya banyak pilihan. Starter Dota 2 heroes apa yang kamu inginkan, item apa yang akan kamu beli pertama kali atau pergi kemana selanjutnya? dan seterusnya. Sebagai pemain kita ingin apa yang kita inginkan dan memang tersedia, tanpa banyak restriksi dan yang tidak berlogika atau masuk akal dalam game tersebut. Ketika sebuah game balance yang buruk maka pilihanpun tidak atraktif dan sering kali cepat membuat para pemain cepat merasa bosan, Alasannya antara pilihan tersebut terlalu lemah dan sangat tidak menguntungkanmu, atau pilihan yang lain terlalu kuat dan tidak ada alasan untuk tidak memilihnya. Imbasnya, kita  akan mendapatkan pengalaman bermain yang tidak menyenangkan.

Memberikan reward yang layak untuk kemampuan pemain



Salah satu yang membuat para pemain betah adalah dengan hadiah atau reward yang diberikan oleh game tersebut. Tetapi biasanya reward baru akan diberikan bila telah menyelesaikan sebuah misi atau event yang di ikuti para pemain, hal tersebut dapat membuat para pemain merasa tertantang untuk mendapatkan reward secara gratis alias cuma-cuma.

Dalam MMORPG misalnya, bermain lebih lama dari orang lain akan memberikanmu level yang lebih tinggi, perlengkapan yang lebih baik, dan sebagainya. Di game fighting, berlatih lebih sering akan memberikanmu pengetahuan tentang banyak karakter dan matchup masing-masing. Dalam game online multiplayer lain seperti Dota 2, jam terbang akan memberikanmu pengalaman dan pengetahuan mekanik yang lebih baik.

Semuanya memberikan hasil akhir yang sama, yaitu keunggulan di hadapan pemain yang kurang berpengalaman. Kamu mendapatkan reward yang setimpal sebagai pemain yang lebih ahli. Tapi itu hanya bisa terjadi kalau game yang dimainkan seimbang alias balanced.

Kalau balance yang buruk dibiarkan begitu saja, para pemain akan mengambil keputusan



Bagaimana sebuah game bisa disebut balanced memang sulit diketahui. Ini bukan ilmu pasti yang memiliki metrik yang jelas. Beberapa hal yang bisa diandalkan untuk mengukurnya antara lain pengalaman bermain dan hal-hal yang memang bersifat relatif. Satu-satunya hal yang bisa dilakukan oleh developer adalah rajin memberikan update atau patch, terutama jika ada sesuatu yang dirasa tidak balanced.

Satu hal yang pasti adalah, kalau sebuah game ternyata tidak balanced dan developer tidak mengambil tindakan apa-apa, para pemainnya akan mengambil keputusan mereka sendiri. Kalau mereka belum begitu dalam menyelami game tersebut, mereka bisa dengan mudah memutuskan untuk berhenti bermain, sebelum waktu mereka terbuang percuma.


Proses penyempurnaan tanpa henti

Idealnya, sebuah game yang ada di pasaran terutama game kompetitif haruslah memiliki balance yang baik. Membuat sebuah game yang seratus persen balanced memang bukan hal mudah. Game seperti Dota 2 mungkin butuh ribuan bahkan jutaan kali percobaan dan analisis sampai akhirnya dianggap cukup balanced.

Di sisi lain, game yang terlalu balanced bisa jadi tidak baik juga. Kalau keseimbangan sudah tercapai, strategi permainan akan menjadi stagnan. Developer tak hanya harus berusaha mencapai keseimbangan, tapi juga harus tahu kapan waktunya mengubah keseimbangan itu. Karena terkadang justru hal-hal imbalanced lah yang membuat  game jadi tak terduga dan berkesan, seperti legenda “Fountain Hook” dalam Dota 2.





1 komentar:

  1. Pentingnya Membuat Sebuah Game Balance, Berikut Ulansannya! - Youngandtech >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Pentingnya Membuat Sebuah Game Balance, Berikut Ulansannya! - Youngandtech >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Pentingnya Membuat Sebuah Game Balance, Berikut Ulansannya! - Youngandtech >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK 7Y

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.